Skip to content
Facebook
Twitter
WhatsApp

 

JARRAKPOSLAMPUNG – Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan asesmen lapangan secara luring untuk Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada Jumat, 7 Februari 2025. Kegiatan yang berlangsung di ruang sidang lantai dua, Gedung A FKIP Unila ini dihadiri oleh jajaran pimpinan Unila serta perwakilan unit-unit pendukung akademik.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unila, Prof. Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., yang menyatakan bahwa asesmen lapangan ini merupakan momentum penting untuk meningkatkan kualitas akademik dan memperkuat akreditasi prodi. Dalam sambutannya, ia menekankan bahwa proses evaluasi ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk perbaikan dan pengembangan program studi ke depan. Hadir pula Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, serta Plt. Dekan FKIP Unila, Dr. Riswandi, M.Pd., bersama para ketua lembaga, direktur pascasarjana, kepala unit penunjang akademik, ketua jurusan, dan ketua prodi di lingkungan FKIP Unila.

Baca Juga :   Konferensi Internasional YSSSEE 2023: Bahas Inovasi Kurikulum STEM dan Lingkungan di Era 5.0

Asesmen lapangan dilaksanakan oleh dua asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK), yakni Prof. Dr. Siti Nurbayani K., M.Si. dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Dr. Risky Setiawan, S.Pd., M.Pd. dari Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam pemaparannya, Prof. Dr. Siti Nurbayani menguraikan standar akreditasi prodi berbasis LAMDIK yang mencakup aspek kurikulum, kompetensi lulusan, kualifikasi dosen, dan fasilitas pendukung pembelajaran. Ia menegaskan bahwa tujuan asesmen ini adalah untuk memastikan bahwa Prodi Magister Pendidikan IPS FKIP Unila telah memenuhi standar kualitas pendidikan yang ditetapkan oleh LAMDIK.

Sementara itu, Dr. Risky Setiawan memaparkan evaluasi kinerja akademik dan tata kelola prodi, serta menekankan pentingnya sinergi antara dosen, mahasiswa, dan institusi dalam menciptakan lingkungan akademik yang kondusif. Ia juga mengulas strategi pengembangan prodi untuk menghadapi tantangan pendidikan di era digital, dengan harapan agar prodi dapat terus berinovasi dan bersaing di dunia profesional.

Baca Juga :   Mahasiswa FISIP Unila Berhasil Lolos Program IISMA di Universitas Malaysia

Melalui asesmen lapangan ini, UIN Unila optimis bahwa Prodi Magister Pendidikan IPS FKIP akan memperoleh hasil akreditasi yang maksimal, sekaligus terus meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait