Skip to content
Facebook
Twitter
WhatsApp
Iklan

PEMBARUAN.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian meresmikan tiga provinsi daerah otonomi baru (DOB) Papua, yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan.

Mendagri Tito juga menunjuk tiga penjabat (Pj) gubernur untuk mengisi tiga provinsi baru tersebut. Tiga nama itu yakni Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan, Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah dan Nikolaus Kondomo sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pas hari ini Jumat 11 November saya Muhammad Tito Karnavian Mendagri atas nama Presiden, dengan ini meresmikan Provinsi Papua Selatan berdasarkan UU No 14 tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan UU No 15 tahun 2022 dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan UU Nomor 16 tahun 2022,” kata Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridoi dan memberikan berkat kita semua,” sambungnya.

Acara peresmian ini dihadiri Ketua KPU Hasyim Asyari, Ketua DKPP Hedi Lukito dan Wakil Jaksa Agung Sunarta. Selain itu, sejumlah anggota DPR dan DPD Papua juga terlihat hadir di lokasi.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian menargetkan tiga daerah otonom baru (DOB) di Papua diresmikan akhir Oktober atau awal November. Tiga DOB ini terdiri atas Provinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Tengah.

“Kita tahu bahwa ada tiga DOB yang akan segera diresmikan mungkin akhir bulan ini paling lambat awal November dengan pelantikan pejabat gubernurnya,” kata Tito di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022) lalu. (det/tim/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait