Skip to content
Facebook
Twitter
WhatsApp
Iklan

PEMBARUAN.ID – Pengurus Perkumpulan Pengelola Jurnal Kajian Bahasa Arab (PPJKBA) Indonesia bekerjasama dengan UIN Raden Intan Lampung, IMLA Indonesia, dan Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PP-PBA) menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Editor Jurnal Bahasa Arab di Sheraton Hotel selama dua hari (27-28 Februari 2022).

Dosen Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, Dr Muhammad Afif Amrulloh, yang juga pengelola Jurnal Al-Bayan selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 20 editor jurnal Perguruan Tinggi Nasional.

Lebih lanjut Afif menjelaskan, tujuan kegiatan adalah selain untuk menjalin silaturahmi para editor jurnal yang tersebar di seluruh Indonesia juga untuk memberikan wawasan khususnya tentang manajemen dan penyuntingan artikel standar akreditasi dan internasional.

“Ya, selain silaturrahmi, ini juga jadi momentum untuk memberikan wawasan khususnya tentang manajemen dan penyuntingan artikel standar akreditasi dan internasional,” kata dia.

Lokakarya yang dipandu Ade Arip Ardiansyah dari Jurnal Ta’lim Arabiyyah UIN Sunan Gunung Djati (sinta 3) menghadirkan Aprezo Pardodi Maba dari jurnal Islamic Guidance and Counseling Universitas Ma’arif Lampung (terindex Scopus) sebagai narasumber.

Aprezo menyampaikan secara rinci manajemen OJS (Open Journal Source) artikel jurnal sesuai standar akreditasi dan internasional. Dia menyampaikan ada beberapa hal penting yang perlu dicermati oleh para editor seperti kualifikasi dewan penyunting baik editor maupun reviewer yang harus relevan dengan dengan bidang jurnal tersebut. Dia juga menekankan bahwa artikel yang akan diterbitkan di jurnal harus sesuai dengan author guidelines yang ditetapkan dan konsisten pada aspek layouting artikel. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait