Skip to content
Facebook
Twitter
WhatsApp

 

JARRAKPOS LAMPUNG  – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Lampung (Unila) sukses menggelar acara bertajuk “Media Adventure with Communila”. Acara ini berlangsung dari 30 Juni hingga 5 Juli 2024 di dua kota besar, yakni Bandung dan Jakarta, yang dikenal sebagai pusat perkembangan media di Indonesia.

Agenda yang dilaksanakan di dua kota ini bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada para mahasiswa tentang dunia media. Dalam kegiatan ini, peserta mengunjungi tujuh media terkemuka, yaitu MGT Radio dan Pikiran Rakyat di Bandung, serta Cretivox, Kementerian Luar Negeri, Austra, NET TV, dan Pusdiklat Kominfo di Jakarta.

Pemilihan media yang dikunjungi disesuaikan dengan bidang-bidang keilmuan di HMJ Ilkom, seperti advertising (periklanan), broadcasting (penyiaran), jurnalistik (pemberitaan), fotografi (teknik foto), hubungan masyarakat (public relations), dan penelitian dan pengembangan (research and development).

Ketua pelaksana, Khoirul, menjelaskan bahwa kunjungan media ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan peserta melalui interaksi langsung dengan para praktisi di bidang media. “Diharapkan kunjungan ini bisa menambah wawasan dan relasi bagi para peserta, serta memberikan insight dan melihat bagaimana sistem kerja di bidang media,” ujarnya.

Baca Juga :   UPT Perpustakaan Unila Membuka Wawasan Literasi Digital

Salah satu kunjungan di Kementerian Luar Negeri mendapat sambutan hangat dari Hartyo Harkomoyo, Direktur Informasi dan Media. “Kami sangat senang bertemu teman-teman yang sangat kritis dan memiliki kepedulian terhadap hubungan internasional,” kata Hartyo.

Ia menambahkan bahwa hubungan baik yang telah terjalin diharapkan terus terjaga dan dapat berkembang menjadi kerja sama lebih lanjut, salah satunya sebagai tempat magang bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Unila.

Dengan acara ini, HMJ Ilmu Komunikasi Unila berharap dapat terus berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan mahasiswa melalui pengalaman nyata di lapangan. “Kegiatan seperti ini sangat penting untuk membuka wawasan mahasiswa tentang dunia kerja yang sesungguhnya, terutama di bidang media,” tambah Khoirul.

Baca Juga :   UIN RIL Tandatangani MOU dengan KPI Pusat: Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Para peserta mengaku mendapatkan banyak manfaat dari kunjungan ini. Mereka tidak hanya belajar tentang teori dan praktik di dunia media, tetapi juga memperluas jaringan profesional mereka. Hal ini diharapkan dapat membantu mereka dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja setelah lulus.

Acara “Media Adventure with Communila” ini merupakan langkah konkret HMJ Ilmu Komunikasi Unila dalam mendukung pengembangan kompetensi dan keterampilan mahasiswa di bidang media. Dengan pengalaman berharga ini, diharapkan para mahasiswa Ilmu Komunikasi Unila dapat lebih siap dan kompeten dalam menghadapi tantangan di industri media yang semakin kompetitif.

HMJ Ilmu Komunikasi Unila berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan-kegiatan serupa di masa mendatang guna meningkatkan kualitas pendidikan dan pengalaman praktis mahasiswa. “Kami berharap acara ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berkontribusi positif dalam dunia media,” tutup Khoirul. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait