Skip to content
Facebook
Twitter
WhatsApp
Iklan

PEMBARUAN.ID – Ketua DPD Golkar Lampung, Arinal Djunaidi meyakini jika 85 Bacaleg Partai Golkar yang didaftarkannya ke KPU setempat memiliki daya jual dan siap bersaing sportif.

Hal tersebut ditegaskan Arinal saat menggelar jumpa pers usai mendaftarkan 85 Bacaleg Golkar di KPU, Sabtu (13/05/2023).

“Kami optimis bisa menang. Ya, kita pastikan caleg kami memiliki nilai jual. Harus optimis, walupun tetap melihat kesempatan dalam kesempitan, nilai jualnya bagaimana membangun Indonesia, dan Lampung serta keberpihakan kepada kepentingan rakyat,” kata Gubernur Lampung itu.

Lalu, terkait keterwakilan perempuan, Arinal mengatakan, dari 85 Bacaleg, 36 diantaranya merupakan perempuan atau 42 persen.

“Kami juga telah memenuhi kuota keterwakilan perempuan bahkan melebihi 30 persen yakni 42 persen secara keseluruhan atau sekitar 36 orang perempuan dari 85 bacaleg,” kata dia.

Disinggung banyaknya Caleg yang mengrluhkan perubahan Dapil, Arinal menyampaikan perubahan Dapil merupakan sesuatu yang pasti.

“Perubahan bacaleg dari yang semula dapil 1 menjadi dapil 2, atau yang sebelumnya bacaleg kabupaten ke provinsi, hal itu bisa saja terjadi. Hal itu bergantung kemampuan dan daya dukung bacaleg-bacalegnya,” tuturnya.

Menurutnya, dengan pergeseran yang dilakukan diharapkan para kader ataupun bacaleg dari Golkar mampu bersaing dan bertarung dengan cara-cara yang positif.

Sementara, di Lampung Timur Bacaleg yang di daftarkan DPD Partai Golkar setempat masih diisi wajah wajah lama.


Dari 50 orang yang didaftarkan sebanyak 6 orang merupakan anggota Fraksi Partai Golkar DPRD setempat.

Pada pemilu 2019 lalu, partai Golkar menempatkan 7 kadernya di DPRD Lampung Timur, 1 kader Golkar mencalonkan diri ke DPRD Provinsi.

Ketua DPD Partai Golkar, Azwar Hadi mengatakan, pada pemilu 2024 partai Golkar Lampung Timur menargetkan penambahan kursi di DPRD Lampung Timur menjadi 10 kursi dari 7 kursi.

“Ada beberapa Daerah Pemilihan (Dapil) yang sudah di petakan untuk penambahan kursi,” kata Azwar Hadi.

Lebih lanjut, untuk pendaftar laki-laki berjumlah 34 orang dan 16 perempuan. Untuk memenuhi kuota keterwakilan perempuan 30 persen masih menunggu pemberlakuan perubahan PKPU.


“Saat ini keterwakilan perempuan baru 20 persen, bila ada perubahan akan di lakukan perbaikan,” kata Azwar Hadi.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah tokoh senior Partai Golkar Lampung dikabarkan akan turun gunung, maju pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Dari penelusuran Pembaruan.id, setidaknya ada tiga nama tokoh senior dipastikan maju sebagai caleg di Pemilu 2024, diantaranya Ismet Jayanegara di daerah pemilihan (Dapil) Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Barat.

Kemudian, Ketua OKK DPD Golkar Lampung Riza Mirhadi, juga akan turun di Dapil Tulangbawang, Tulang Bawang Barat, Mesuji dan Toni Eka Chandra Dapil Lampung Selatan.

Majunya para tokoh senior tersebut, bukan saja untuk memperebutkan kursi DPRD Lampung, lebih dari itu ketiganya akan mengawal kemenangan Airlangga Hartarto sebagai Capres RI 2024.


Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Lampung H. Ismet Roni, SH, MH mengatakan, saat ini Partai Golkar telah finalisasi pemberkasan dan siap mendaftakan Bacaleg ke KPU.

“Sejak rapat pengurus DPD Golkar Lampung yang diikuti para ketua dan sekretaris DPD Golkar Kabupaten/Kota pada Mei 2023, yang dihadiri oleh Ketua DPD Partai Golkar Lampung Arinal Djunaidi, Partai Golkar telah menyiapkan pemberkasan Bacaleg,” kata dia.(dika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait