Skip to content
Facebook
Twitter
WhatsApp
Iklan

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

PEMBARUAN.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menggelar Bincang Pemilu di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Setempat, Sabtu (24/12/2022).

Bincang hangat dengan tema ‘Peran Media Sebagai Ppaya dan Strategi Peningkatan Pertisipasi Masyarakat pada Pemilu 2024’ itu dihadiri Ketua KPU Lampura, Aprizal Ria bersama komisioner KPU lainnya, Yansen Atik.

Sementara, dari unsur PWI Lampura, tampak Ketua M. Rozi Ardiansyah, bersama Sekretaris Riduan, dan dihadiri seluruh pengurus PWI setempat.

Ketua KPU Lampura, Aprizal Ria mengatakan, dalam pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang pihaknya melibatkan peran media untuk upaya dan strategi peningkatan pertisipasi masyarakat.

”Peran media ini sangat penting, untuk membantu KPU dalam mendongkrak tingkat partisifasi masyarakat dalam Pemilu 2024 mendatang,” kata Ketua KPU Lampura, Aprizal Ria.

Saat ini, lanjut pria yang akrab disapa Adin Ijal itu, masih melakukan pemuktahiran data pemilih tetap berkelanjutan dan melakukan koordinasi dengan Dinas Catatan Sipil (Disdukcapil) Setempat.

”Kami juga koordinasi dengan APDESI Lampung Utara guna mendata masyarakat dalam upaya pemuktahiran data pemilih ini,” ucap dia.

Insan pers, tambah Adin Ijal, selain sebagai sumber informasi bagi masyarakat, juga sebagai kontrol sosial. Dalam pelaksanaan Pemilu, kata dia, insan pers tentu sangat besar perannya.

“Kami tidak bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat tanpa peran serta media dan insan pers,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, komisioner KPU Lampura, Yansen Atik mengaku dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, penyelenggara Pemilu di berbagai tingkatan memerlukan peran media untuk menyampaikan informasi terkait pemilu, termasuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

”Media dalam pelaksanaan pemilu mendatang dipastikan mampu memberikan informasi, dan  mengedukasi masyarakat melalui medianya masing-masing,” kata Yansen.

Dengan melibatkan media, lanjut dia, haeapannya dalam mensosialisasi berbagai tahapan Pemilu 2024 mendatang dapat berjalan dengan baik sesuai dengan regulasi yang ada sehingga terciptanya Pemilu yang demokratis.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Lampung Utara, M. Rozi Ardiansyah menyambut baik dan mengapresiasi agenda KPU Lampung Utara yang sudah menyelenggarakan Bincang Pemilu di Kantor PWI Lampura.

Dikatakan Rozi, Media merupakan salah satu dari pilar demokrasi ke – 4, artinya media memiliki tanggung jawab yang besar terkait pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.

”Artinya langkah yang diambil KPUD sangat kita apresiasi. Karena dalam hal ini peran media ditunggu masyarakat, dengan teknologi saat ini masyarakat dapat mengakses pemberitaan terkait pemilu secara online bahkan dapat menggunakan handphone android,” tuturnya.

Ketua PWI menegaskan, dukungan kepada berbagai program yang akan dilaksanakan KPU dalam upaya mensukseskan Pemilihan Umum serentak tahun 2024. (rls/her/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait